Artificial Intelligence Pada Game Engine

Artificial Intelligence Pada Game Engine


 Related image
Unity adalah salah satu game engine yang banyak digunakan. Dengan software ini, anda dapat membuat game anda sendiri dengan lebih mudah dan cepat. Hebatnya lagi, unity mensuport pembuatan game dalam berbagai platform, misal Unity Web, Windows, Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii. Unity 3D pertama kali dirilis pada saat acara Apple’s Worldwide Developers Conference di tahun 2005. Pada versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform yang juga dapat dijalankan pada Windows OS dan bahkan Linux OS.
Pada dasarnya, Unity 3D merupakan game engine yang berbasis 3D. Tetapi Unity juga bisa dalam membentuk game 2D. Unity menggunakan sistem navigasi bebas dalam pembuatan game, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk melihat setiap sisi 3D dalam pembuatan objek. Sama halnya seperti menggunakan Blender 3D. Dalam proses pengembangan game pengguna dapat menggunakan (menginclude) script-script, seperti : JavaScript, C#, dan Boo Script melalui panel coding yang telah di sediakan yang kemudian dapat di compile dan di jalankan pada console berikut : Windows, Mac, Unity Web Player, iOS, Android, Nintendo Wii, PlayStation 3, Xbox 360.

Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.

 Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence pada Unity Game Engine

            Karena kemajuan teknologi dan kebutuhan akan game yang lebih maju, maka game engine juga harus diupdate, salah satu yang diupdate ini adalah tambahan hal berupa AI. Dengan adanya AI pada sebuah game diharapkan dapat membuat game lebih menarik dan memiliki nilai yang lebih, jadi game bukan hanya sebuah ranah yang sudah disiapkan oleh pembuat, tapi game bisa berubah ubah sesuai dengan keadaan.

            Salah satu implementasi yang dapat dilakukan ketika menggunakan Unity Game Engine adalah Machine Learning. Machine learning adalah sebuah bidang pada ranah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memberikan kemampuan kepada komputer melalui ilmu statistika dan matematika, untuk dapat belajar dan berkembang dari pengalaman tanpa harus secara spesifik kita program. Contohnya adalah untuk melakukan klasifikasi e–mail yang masuk ke inbox kita adalah e-mail junk atau bukan, atau mempediksi harga saham berdasarkan data history saham yang sudah ada. Machine learning juga dapat diimplementasikan untuk behaviour generation pada Non-Player Character (NPC) di game. Sehingga, NPC pada games dapat belajar untuk berjalan, kapan saat tepat untuk menyerang musuh, kapan harus mundur, dan lain-lain.







Sumber :




Comments

Popular posts from this blog

Pertumbuhan Penduduk Provinsi Aceh (2012-2016)

Review Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan | Tugas 3 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas |

Indonesia dan Kerja Bakti

Aplikasi Manajemen Proyek (Wrike)

Teknologi Sistem Cerdas