Artificial Intelligence Pada Game Engine
Artificial Intelligence Pada Game Engine
Unity adalah
salah satu game engine yang banyak digunakan. Dengan software ini, anda dapat
membuat game anda sendiri dengan lebih mudah dan cepat. Hebatnya lagi, unity
mensuport pembuatan game dalam berbagai platform, misal Unity Web, Windows,
Mac, Android, iOS, XBox, Playstation 3 dan Wii. Unity 3D pertama kali dirilis
pada saat acara Apple’s Worldwide Developers Conference di tahun 2005. Pada
versi awal Unity hanya dapat digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk
apple. Namun sekarang Unity 3D berubah menjadi software multi platform yang
juga dapat dijalankan pada Windows OS dan bahkan Linux OS.
Pada dasarnya,
Unity 3D merupakan game engine yang berbasis 3D. Tetapi Unity juga bisa dalam
membentuk game 2D. Unity menggunakan sistem navigasi bebas dalam pembuatan
game, sehingga pengguna dapat dengan mudah untuk melihat setiap sisi 3D dalam
pembuatan objek. Sama halnya seperti menggunakan Blender 3D. Dalam proses
pengembangan game pengguna dapat menggunakan (menginclude) script-script,
seperti : JavaScript, C#, dan Boo Script melalui panel coding yang telah di
sediakan yang kemudian dapat di compile dan di jalankan pada console berikut :
Windows, Mac, Unity Web Player, iOS, Android, Nintendo Wii, PlayStation 3, Xbox
360.
Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence
Kecerdasan
buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur
dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa
Inggris: Artificial Intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan
sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan
data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan
pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi
yang fleksibel”. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan
diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan
pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang
menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer
(games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika.
Kecerdasan Buatan/Artificial
Intelligence pada Unity Game Engine
Karena
kemajuan teknologi dan kebutuhan akan game yang lebih maju, maka game engine
juga harus diupdate, salah satu yang diupdate ini adalah tambahan hal berupa
AI. Dengan adanya AI pada sebuah game diharapkan dapat membuat game lebih
menarik dan memiliki nilai yang lebih, jadi game bukan hanya sebuah ranah yang
sudah disiapkan oleh pembuat, tapi game bisa berubah ubah sesuai dengan
keadaan.
Salah
satu implementasi yang dapat dilakukan ketika menggunakan Unity Game Engine
adalah Machine Learning. Machine learning adalah sebuah bidang pada ranah
kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang memberikan kemampuan kepada
komputer melalui ilmu statistika dan matematika, untuk dapat belajar dan
berkembang dari pengalaman tanpa harus secara spesifik kita program. Contohnya
adalah untuk melakukan klasifikasi e–mail yang masuk ke inbox kita adalah
e-mail junk atau bukan, atau mempediksi harga saham berdasarkan data history
saham yang sudah ada. Machine learning juga dapat diimplementasikan untuk
behaviour generation pada Non-Player Character (NPC) di game. Sehingga, NPC
pada games dapat belajar untuk berjalan, kapan saat tepat untuk menyerang
musuh, kapan harus mundur, dan lain-lain.
Sumber :
Comments
Post a Comment