Review Jurnal Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan | Tugas 3 Pengantar Teknologi Sistem Cerdas |

TUGAS PTSC
REVIEW JURNAL





NAMA            : ARYO PANDU WINANTO

KELAS           : 3KA28

NPM               : 11118147

 

 

REVIEW JURNAL

Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan

Jurnal : Jurnal Educative

ISSN : 2549-4120

Halaman : Halaman 72-87

Tahun : 2018

Penulis : Agus Nur Khomarudin, Liza Efriyanti

Link Jurnal : http://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/543


LATAR BELAKANG

Kemajuan Teknologi dan Informasi (TIK) saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap bidang pendidikan. Perkembangan TIK dapat dimanfaatkan pendidik dalam menciptakan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik bagi peserta didik. Upaya menciptakan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik diharapkan dapat menunjang keaktifan, kreativitas peserta didik yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


TUJUAN

Tujuan utama penulis melakukan penelitan pengembangan ini untuk menghasilkan suatu media pembelajaran mLearning berbasis android pada mata kuliah kecerdasan buatan, mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya.


METODE YANG DIGUNAKAN

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau R&D. Metode R&D atau penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.


PEMBAHASAN

Di jurnal ini, kita melakukan pengembangan untuk menciptakan media pembelajaran berbasis m-learning dengan menggunakan Appypie, aplikasi yang dibuat berisi menu materi, silabus, video tutorial, latihan/kuis serta profil author.


Tahapan desain-nya terdiri dari
1. Desain sistem secara umum menggunakan alat bantu perancangan sistem Unified Modelling Language (UML).
2. Desain sistem secara khusus (terdiri dari desain output aplikasi dan desain teknologi).
Setelah mendesain sistem, dilakukan desain teknologi, yang dimana aplikasi ini dibuat untuk dapat dijalankan pada sistem dengan spesifikasi sebagai berikut : 
Sistem operasi android Lolipop 5.0 (minimal, direkomendasikan android versi 6.0/marshmallow), RAM minimal 512 MB, 
Resolusi layar minimal 4 inchi
Kebutuhan ruang pemasangan aplikasi 30,23 MB.


Kemudian ada tahap pengumpulan materi yang berisi pengumpulan bahan media seperti perangkat perkuliahan, materi, icon untuk desain interface, dll.

Setelah mendesain program, dilakukan dua uji yaitu uji praktikalitas dan uji efektifitas untuk mengecek apakah aplikasi sudah efisien dan dapat dijalankan dengan baik.


KELEBIHAN

Kelebihan yang dapat diambil dari jurnal ini adalah penggunaan jenis metode penelitian yang tepat (R&D) yang dimana isi dari jurnal ini banyak berisi riset serta pembuatan, serta jurnal ini juga berisi lengkap mengenai isinya, karena dijelaskan bentuk desain dari awal sampai bagian pengujian.

KEKURANGAN

Kekurangan yang mungkin ada adalah, pada jurnal ini tidak terlalu dijelaskan secara teknis mengenai program yang dibuat, maksudnya tidak ada bagian teknikal seperti penulisan kode.

SARAN

Saran yang dapat diberi mungkin adalah dengan membuat penulisan lebih simpel agar lebih mudah dimengerti serta lebih menampilkan sisi teknis dari program yang dibuat.

KESIMPULAN

Metode Penelitian R&D pada jurnal ini sangat cocok digunakan karena selain isi dari jurnal ini yang berisikan riset dan pembuatan program, tujuan dari isi jurnal ini juga merupakan pembuatan software untuk m-learning.

DAFTAR PUSTAKA

Agus Nur Khomarudin, Liza Efriyanti.2018Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan







Comments

Popular posts from this blog

Pertumbuhan Penduduk Provinsi Aceh (2012-2016)

Indonesia dan Kerja Bakti

Aplikasi Manajemen Proyek (Wrike)

Teknologi Sistem Cerdas